KEHADIRAN MOBIL MURAH DAN KEMACETAN (BI-10-10-12)

Stop membeli mobil murah karena usianya yang sudah tua…………Mobil murah sekarang tidak lagi identik dengan mobil tua < 10 tahun sehingga karena depresiasinya menjadi mobil tua yang harganya murah.
 
Tunggu beberapa bulan lagi……….Indonesia akan diguncang oleh kehadiran Mobil Murah (Mobil Baru yang harganya Murah)
 
Saat ini harga termurah Mobil Baru adalah Rp 120 Jutaan yang merupakan mobil 5 penumpang, dan harga mobil MPV termurah sekitar Rp 135 Jutaan.
 

Bagaimana jika ada mobil baru yang harganya < Rp 100 Jutaan yang dijual oleh pabrikan ternama??

1. << Pemilik Mobil Tua/Bekas>>

Bagi Pemilik Mobil Tua (bukan mobil klasik) : Pertimbangkan untuk segera menjualnya dan jadikan Uang Muka untuk membeli mobil baru yang Murah atau Beli secara tunai sehingga tidak pusing dengan cicilan kredit.

Tidak bisa disangkal bahwa karakteristik mobil yang sudah berumur > 10 tahun adalah boros, spare part bergiliran rusak, rawan mogok di jalan, muncul bunyi-bunyian, kenyamanan berkurang dan harus membutuhkan perawatan ekstra. Selain itu penampakan mobil jenis ini sudah tidak secantik mobil baru dan bahkan kadang tidak pede untuk membawanya kecuali karena terpaksa.
 
Kenapa ?? Jika harga mobil murah program LCGC (Low Cost Green Car) meluncur di Indonesia dan harganya < 100 Juta, maka mobil ini akan segera menghantam harga mobil bekas sehingga akan ada koreksi harga di tingkat pedagang. langkah bijaksana adalah segera menjualnya sebelum harganya lebih turun lagi.
 
2. <<Pemilik Motor yang sudah Mapan>>
 
Para pemilik sepeda motor yang bercita-cita memiliki mobil baru dan murah maka saatnya merealisasikan mobil baru untuk anak dan istri tercinta. Mobil baru selalu memberi kenyamanan, kebanggaan dan tidak merongrong kantong.
 
Sepeda Motor memang menjanjikan kecepatan membelah kemacetan lalu lintas, bisa masuk ke jalanan sempit, tidak membutuhkan tempat parkir di rumah, dan harganya lebih terjangkau. 
Tetapi sepeda motor bukan kendaraan yang aman bagi anak dan istri di tengah kemacetan jalanan, debu, limbah gas buang kendaraan, terik matahari dan guyuran hujan. Sepeda motor tetap favorit bagi kendaraan pertama seorang pekerja untuk transportasi pulang pergi dari tempat kerja dan kendraan anti macet.
Karena alasan memberikan kenyamanan dan keamanan disaat perjalanan membuat banyak orang akhirnya membeli mobil, walaupun mobil tua tetap jauh lebih nyaman dan aman dibandingkan memakai sepeda motor.
Mobil baru tetap selalu menjadi impian jutaan orang Indonesia untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi anggota keluarga saat bepergian.

Produksi Motor di Indonesia setiap tahun berkisar 8 juta unit…………Jika 10% saja pengguna motor mampu beralih ke mobil, maka akan ada pasar baru untuk mobil sekitar 800 unit/tahun. Sungguh angka yang menggoda produsen mobil murah……hal ini tinggal menunggu waktu saja karena tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa konsisten di angka 6,5 % per tahun.

3. <<Para Orang Tua dengan Anak Remaja>> 

Para orang tua yang sudah mempunyai anak remaja > 18 tahun dan memiliki dana untuk membeli mobil ke-2 setelah MPV, maka kehadiran mobil murah nan futuristik dan hemat bbm sangat dinantikan. Kendaraan model hatchback seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Nissan March, Honda Brio sangatlah mahal untuk bisa menjadi mobil ke-2. Para pemilik mobil MPV > 250 Jutaan sudah pasti bisa memiliki mobil tersebut, tetapi bagaimana jika orang tua hanya punya dana < Rp 100 jutaa ?

Saatnya Era Mobil murah membuat remaja-remaja akan memimpikan mobil tersebut untuk aktivitas kuliah dan kegiatan ekstra lainnya.

 
4. <<Para Ibu-Ibu>> 

Mobil ibu-ibu tidak boleh lebih mahal dari mobil bapak-bapak……………..Para ibu-ibu rumah tangga yang belum mempunyai mobil maka saatnya menantikan era mobil murah………….

Ibu-ibu yang identik dengan aktivitas belanja, mengantar anak ke sekolah, arisan, kegiatan sosial dan sejenisnya sangat membutuhkan mobil yang kecil, hemat bbm dan tentu harganya terjangkau.

 
5. <<Para Pasangan Muda>>

Selepas kuliah, kerja dan menikah.hal itu sudah menjadi siklus setiap anak yang menginjak dewasa……..

Pada saat menikah dan penghasilan sudah mencukupi untuk membeli kendaraan kadang dihadapkan pada pilihan apakah membeli motor sport seharga Rp 25 – 50 juta atau membeli mobil bekas tetapi di kredit……….kehadiran mobil baru < Rp 100 juta akan memikat para pasangan muda yang langsung ingin merasakan mobil sebagai kendaraan pertamanya.

 
6. <<Para Pegawai Negeri>> 

Jumlah pegawai negeri di Indonesia mungkin jutaan……..selalu ada program dari instansi masing-masing untuk meningkatkan kesejahteraan pegawainya…….

Kehadiran Mobil Baru yang murah akan mendorong para pegawai negeri bisa memiliki mobil baru untuk menunjang aktivitasnya.

Ke-6 sasaran penjualan mobil murah tersebut di atas memberi keyakinan siapapun produsen mobil yang bisa memasarkan mobil < Rp 100 juta akan meraup sukses dalam segi penjualan. Kendala utama adalah regulasi dari pemerintah untuk LCGC (Low Cost Green Car) yang belum meluncur hingga Agustus 2012.

Jika pemerintah akhirnya memberi insentif kepada mobil dengan cc kecil dan hemat bbm serta kandungan lokal > 80% maka Tahun 2013 akan menjadi awal era Mobil Murah.

Dampak Positif/Negatif Mobil Murah

  • Kemacetan di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar dan lain-lain akan semakin menjadi-jadi sehingga tingkat stress para pengguna kendaraan akan semakin meningkat. Solusinya adalah mengatur waktu perjalanan lebih longgar sehingga walaupun  macet tetap santai. Semakin macet maka akan ada titik waktu dimana pemerintah akan mempercepat perbaikan tata laksana lalu lintas perkotaan.
  • Masyarakat bisa merasakan kendaraan yang aman dan nyaman dengan harga yang terjangkau sehingga impian memiliki mobil bekas yang identik dengan boros, biaya spare part, kurang nyaman dll akan tergantikan dengan kehadiran mobil baru yang terjangkau.
  • Pertumbuhan kendaraan yang semakin tinggi akan membuka banyak kesempatan kerja yang luar biasa karena ada ribuan perusahaan pendukung untuk bisa memproduksi mobil.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s